Minggu, 10 Februari 2013

Aneka Olahan Buah Mangga

Punya pohon mangga? Buahnya yg ranum enak dikonsumsi mentah segai rujak, asinan atau bahkan buat sambal, dan lezat pula dikonsumsi matang.
Sering dijumpai persediaan mangga melebihi peemintaan terutama di musim panen raya. Akibatnya stok menumpuk, tidak terjual bahkan membusuk terbuang percuma.
Padahal buah mangga dapat diolah menjadi berbagai bentuk pangan olahan mulai manisan, sari buah, selai, jelly hingga dodol.
Yuk kita belajar sama-sama. Sambil berkreatifitas bisa jg menambah isi dompet.
MANISAN
Prinsip proses pembuatan manisan adalah peresapan gula sampai kadar gula di dalam jaringan sesuai dengan yang diinginkan. Peresapan gula ini sekaligus mencegah pertumbuhan mikroba. Perendaman dilakukan selama 4 hari dalam sirup dengan kadar gula 55%.
Bahan yang digunakan adalah buah yang tidak banyak seratnya. Air kapur sirih 1 sdt, air bersih 2 lt, garam 3 sdm, natrium benzoat 1,5 gr, gula pasir 1 kg.
CARA MEMBUATNYA :
Buah mangga yang telah dikupas dicuci bersih kemudian tiriskan. Bentuk diusahakan menarik. Kemudian, irisan buah direndam.air kapur sirih, garam dan natrium benzoat sebagai pengawet. Perendaman dilakukan sekitar 4 jam. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan. Perendaman dalam larutan gula, larutan gula direbus sampai 90C.
SARI BUAH
Bahan yang digunakan buah mangga gedong atau mangga kopyor, air, gula, asam sitrat. Cara pembuatannya : buah dicuci bersih lalu dikupas, dipotong-potong. Kemudian daging buah diblender. Tambahkan air dengan perbandingan bubur buah dari air 1 : 3. Tambahkan gula 40%, asam sitrat 2 gr per liter campuran. Pasteurisasi dengan suhu 85C selama 20 menit.
SELAI
Bahan yang digunakan daging bu matang 50 kg, gula pasir 15 kg, panili 30 gr, jeruk nipis 20 gr, garam dapur secukupnya, natrium benzoat.
Cara membuatnya : setelah dikupas kukus daging buah selama 10 menit. Parut daging buah dan tambahkan gula, garam, panili, natrium benzoat dan jeruk nipis. Aduk sampai merata kemudian masak selama 1 jam. Setelah mengental masukkan segera ke dalam botol, tutup dan biarkan botol dalam keadaan terbalik selama 5 menit. Setelah itu balik lagi botol ke posisi semula.
Mudah kan,,
Selamat mencoba ^_^

0 komentar:

Posting Komentar